Cara Mengatasi Printer Epson L5190 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip 100% Sukses

Rian

Printer dengan merk Epson sampai sekarang masih tergolong printer yang sangat laris dipasaran lokal Indonesia. Tentunya ini bisa terjadi karena kita melihat bahwa printer ini memang sangat awet dan bisa diandalkan untuk pekerjaan rumahan maupun kantoran. Selain itu printer ini juga sangat mudah dalam perawatan, sehingga bagi kita yang ingin mencari printer handal, maka printer Epson layak untuk di pertimbangkan.

cara-mengatasi-printer-epson-l5190-lampu-tinta-dan-kertas-berkedip-100-sukses

Informasi tentang bagaimana cara mengatasi printer Epson L5190 lampu tinta dan kertas berkedip tentu saja harus dipahami oleh siapapun yang mempunyai jenis printer ini. Biasanya, printer Epson saat setelah penggunaan jangka panjang pasti akan menemui masalah yaitu indikator lampu tinta dan kertas yang berkedip.



Pada artikel ini saya akan membahas mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L5190 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip bergantian maupun bersamaan sampai berhasil. Untuk caranya sendiri biasanya saya akan memberi solusi cara reset printer Epson L5190 manual maupun dengan resetter dengan mudah. Untuk software resetternya saya sudah menyiapkan link download resetter Epson L5190 gratis terbaru di bawah ini ya.

Penyebab Printer Epson L5190 Sering Error Atau Blinking

Ada beragam penyebabnya mulai dari tinta habis, cartridge rusak atau kotor, paper jammed, cetakan kertas sudah melebihi batas maksimal, ink pad tinta penuh, dan sebagainya. Berbagai penyebab ini menjadikan printer tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.



Untuk mengatasi masalah ini biasanya dilakukan reset printer baik secara manual maupun otomatis. Untuk melakukannya cukup mudah dan bisa anda praktekkan sendiri tanpa harus dibawa ke lokasi service komputer. Berikut ini akan dijelaskan Langkah demi Langkah nya.

Cara Reset Printer Epson L5190 Dengan Resetter

Untuk melakukan reset printer Epson L5190 dengan menggunakan software resetter maka Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut:

- Silahkan Download Resetter Epson L5190 Full Version Terbaru yang banyak dapat anda temukan di berbagai sumber referensi internet.
- Selanjutnya, exctract file resetter tersebut ke desktop dan kemudian jalankan Resetter L5190 Adjprog menggunakan run as administrator.
- Jika terdeteksi dan dianggap virus, maka anda silahkan matikan terlebih dahulu antivirus komputer serta ekstrak kembali file resetter Epson L5190.
- Langkah pertama Anda bisa memilih menu select port dan selanjutnya sesuaikan model serta port dengan tipe printer. Bisa juga dengan memilih auto selection.
- Berikutnya, bisa memilih menu particular adjustment mode.
- Cari pilihan waste ink pad counter kemudian kemudian klik OK atau dapat juga double klik pada waste ink pad counter.
- Selanjutnya ceklis pada bagian main pad counter dan kemudian klik Check.
- Berikutnya akan muncul jendela dan klik OK.
- Checklist kembali di bagian main pad counter dan selanjutnya klik initialize.
- Klik Ok dan kemudian akan ada dialog perintah agar mematikan printer.
- Matikan printer dan kemudian nyalakan kembali. Periksa apakah sudah normal kembali atau belum.


Cara Reset Printer Epson L5190 Secara Manual

Selain dengan menggunakan resetter, ada juga cara reset printer Epson L5190 secara manual. Berikut ini langkah-langkahnya:

- Pertama-tama matikan printer dan kemudian cabut kabel power.
- Biarkan printer dalam keadaan mati dan kabel tercabut kurang lebih selama 5 menit it.
- Berikutnya, colokan kembali kabel power dan selanjutnya hidupkan printer dengan tekan tombol power.
- Tunggulah printer hingga dalam keadaan ready.
- Berikutnya, tekan dan tahan tombol reset kurang lebih 5 detik (tombol yang memiliki indikator logo kertas dan tinta) selanjutnya lepaskan.
- Tekan lagi dan tahan tombol reset kurang lebih 3 detik dan lepaskan lagi.
- Jika proses reset berhasil dilakukan, maka akan secara otomatis mencetak warning page beserta IP address default.

Jika dengan cara diatas masih tidak berhasil, maka bisa menggunakan alternatif berikut:
- Matikan printer dan cabut kabel power. Diamkan printer kurang lebih 5 menit dalam kondisi mati.
- Colokan kembali printer namun jangan dihidupkan dahulu.
- Ketika printer masih dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol reset.
- Hidupkan kembali printer dengan cara tekan tombol power sambil tetap menekan tombol reset kurang - lebih 5 hingga 10 detik.
- Apabila prosesnya berhasil, maka printer akan secara otomatis mencetak warning page beserta IP address default.

Download Resetter Epson L5190 Gratis Terbaru


Penutup

Itulah penjelasan cara mengatasi printer epson L5190 lampu tinta dan kertas berkedip. Dengan mengikuti step by step di atas, diharapkan printer Anda bisa normal kembali untuk melakukan berbagai aktivitas baik itu pekerjaan maupun bisnis. Semoga apapun yang ada di blog Malestea.com ini bisa memberikan manfaat lebih untuk masa depan printer anda dirumah.

Comments : Cara Mengatasi Printer Epson L5190 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip 100% Sukses